Tuesday, December 24, 2019

Mengenal Istilah Rom/Firmware Pada Xiaomi Serta Fungsi-Fungsinya

Service emmc & Repair guide

Mengenal IstilaH Rom/Firwmare Pada Xiaomi Serta Fungsi-Fungsinya
PENJELASAN TENTANG ROM XIAOMI
Istilah Rom/Firmware Pada Xiaomi.Pada beberpa waktu lalu kami sudah menjelaskan tentang Istilah Nama Lengkap Pada Xiaomi.Misal Redmi 6 Pro = Sakura Redmi 6a Cactus Mi 5c = Meri dan seterusnya.disana sudah kami bahas model-model xiaomi secara lengkap,agar pada nantinya anda tidak kebingungan ketika ingin melakukan Update/Downgrade maupun proses perbaikan seperti Flashing-Unlock DSB.pada postingan lain'kami juga sudah ikut sertakan Code Name Xiaomi untuk mempermudah mengetahui Type berdasarkan model angka,yang biasanya teletak pada Body Casing/Tutup belakang.

Kembali Kelaptop.Sekarang kita fokus pada istilah Rom Xiaomi.Seperti kita tau.Istilah ini terkadang membuwat kita bingung,terkhusus bagi pengguna baru dalam menentukan jenis firmware yang cocok untuk kebutuhan.misal ketika ingin melakukan Perbaikan/Flashing maupun Update/Downgrade.Berikut istilah-istilah rom yang ada pada smartphone Xiaomi yang sering kita jumpai.

Mengenal Istilah Rom/Firmware Pada Xiaomi


ROM XIAOMI

ROM GLOBAL STABIL

ROM yang paling pas untuk pengguna umum ( Awam ).lengkap dengan berbagai bahasa dan Gapps. Bugsnya juga lebih sedikit daripada ROM Developer/Beta. Kalau cuma pengguna biasa yang males oprek dan males update,Rom ini paling cocok untuk semua smartphone Xiaomi garansi resmi pada semua negara lain bawaannya akan pakai ROM Global Stabil.

ROM GLOBAL DEVELOPER

ROM ini adalah salah satu Rom yang paling banyak disukai.Seperti Rom Developer Cina,Rom ini juga diupdate mingguan/seminggu sekali.Dan Rom ini mendapatkan update fitur terbaru lebih cepat dibandingkan Rom Stabil.Sekedar tambahan info,bug di Rom Developer Xiaomi biasanya tidak terlalu mengganggu.jadi masih aman untuk dipakai sebagai smartphone utama/harian.

ROM CHINA STABLE

ROM ini merupakan bawaan untuk semua Xiaomi di Cina.Rom ini sama sekali tidak ada Gapps, tapi untuk sekarang sudah ada gantinya aplikasi Mi yang cara kerjanya mirip dengan Gapps.(Mi Apps, Mi Direct Apps, dll).

ROM CHINA DEVELOPER

ROM yang biasanya mendapatkan update fitur terbaru dari Miui yang paling cepat.sama seperti versi Cina Stabil tanpa Gapps.Rom ini sudah ada native root.

KESIMPULAN

Dari Penjelasan diatas,tentu anda punya pandangan dan selera tersendiri.namun pada banyak kasus.ternyata Rom China Developer ini sangat cucok untuk perbaikan masalah-masalah OS Seperti Bootoop-Hang Logo-Mati total maupun untun kegiatan Unlock DSB.

Sebenarnya ada juga yang namanya Rom Alpha.tapi ini hanya untuk beberapa jenis devices saja.Rom Alpha hanya untuk Rom Cina dan diupdatenya lebih sering lagi daripada Rom Developer,tapi bugs nya juga lebih banyak😉...
Beberapa type yang ada Rom Alphanya :
  • Xiaomi Mi 2/2S
  • Xiaomi Mi 3
  • Xiaomi Mi 4
  • Xiaomi Mi Note
  • Xiaomi Mi 5
  • Xiaomi Mi 6
  • Xiaomi Mi Max
  • Xiaomi Mi MIX 2
Jadi urutan rilis di Cina seperti ini : ROM Alpha - ROM Developer/Beta - ROM Stabil.
Sedangkan untuk Global seperti ini : ROM Developer/Beta - ROM Stabil

Selain itu sekarang ada juga yang namanya Rom Beta Stabil.Pada Rom Beta Stabil biasanya di roll out Xiaomi untuk mendapatkan feedback dari sebagian pengguna.Rom ini di push OTA nya pada sebagian pengguna saja.secara bertahap rom ini sebenarnya akan sama dengan Rom Stabil yang nantinya akan di rilis untuk semua pengguna kalau dicoba dari sebagian pengguna tersebut lancar (Makanya namanya Beta Stabil).Tujuan Xiaomi rilis Rom Beta Stabil ini tujuanya untuk memastikan kalau ada bug/problem yang tidak kelihatan atau terdeteksi sewaktu penggunaan (Test),bug tersebut hanya akan kena ke sebagian penggunan saja.Makanya pengguna akan diminta untuk kasih feedback mengenai performance dari Rom tersebut dan bug (Kalau memang ada).Selama Rom Beta Stabil ini sedang dipakai oleh sebagian penggunan,Xiaomi juga akan memonitor berbagai informasi mengenai Rom ini dibanding Rom versi Stabil sebelumnya. Para developer di Xiaomi bisa memonitor crash, App Not Responding, dan lain sebagainya. Kalau terlihat ada app yang bekerja tidak baik,Developer bisa melakukan koreksi/pembetulan dulu, kemudian merilis update lagi untuk ROM yang dimaksud sebelum meneruskan roll out update nya ke pengguna lain.

Perbedaan  Rom Recovery Dan Rom Fastboot ???

ROM RECOVERY

Rom Recovery ini berextensi Zip tidak perlu diextract.Rom ini yang biasa kita pakai ketika ingin melakukan update melalui System Updater atau Recovery.Rom yang dimaksud adalah full Rom bukan OTA update.untuk OTA update kalau anda tidak pernah skip OTA update sebelumnya.ukurannya biasa jauh lebih kecil daripada full Rom.pada OTA Update bisa langsung download OTA package nya,kemudian lanjut install updatenya melalui System Updater.Untuk full Rom Recovery bisa di download pada komputer dulu,kemudian dicopy kan pada smartphone atau download langsung melaui browser smartphone.Proses updatenya juga masih melalu System Update.akan tetapi anda harus memilih select upgrade package,kemudian pilih Rom package yang sudah didownload sebelumnya.untuk proses flash full Rom recovery melalui System Updater hanya bisa untuk upgrade,bukan downgrade.selain itu,full Rom recovery ini juga bisa di flash via Custom Recovery seperti Twrp Xiaomi

ROM FASTBOOT

Rom Fastboot Ini berextensi tgz atau tar.gz,jadi dalam penggunaanya harus diextract menggunakan Rar/Zip Terbaru.Rom fastboot biasanya dipakai ketika smartphone mengalami masalah seperti Bootloop-Hang Logo-Brick DSB.untuk pindah Rom dari Cina ke Global atau sebaliknya biasanya juga harus pakai Rom Fastboot ini.dalam penggunaan bisa menggunakan MI Flash Tool untuk Chipset Qualcomm dan SP Flash Tool untuk Chipset Mediatek.Rom fastboot secara ukuran jauh lebih besar daripada Rom Recovery.untuk melakukan flash dalam mode fastboot Rom dengan Mi Flash bootloader wajib di unlock terlebih dahulu.untuk kasus dimana device bootloader masih locked sudah terlanjut brick, flash dengan Mi Flash harus dilakukan dengan metode Test Point Xiaomi.Bagi anda yang masi mengalami kesulitan tentang tata cara Unlock Bootloader Pada Xiaomi,kami akan memandu anda sampe tuntas.Silahkan lanjut disini Langkah Tuntas Ubl Xiami Semua Type Terbaru Official Vs Bypass.

Untuk Rom/Firmwarenya sudah kami sediakan pada blog ini secara lengkap dan update.Silahkan masuk pada tab BIG LABEL-FIRMWARE XIAOMI.bagi yang masi belum paham tentang Security pada xiaomi ini.bisa menyimak video pendek dibawah ini

Buka Video ini pada chanel yutobe kami,agar bisa membuka Deskripsi/Link Tool yang telah kami cantumkan 
Sekian pembahasan tentang Istilah Rom pada smartphone Xiaomi,Jika ada pertanyaan? silahkan tinggalkan pesan.Selamat mencoba dan semoga sukses.Jika Berkenan Baca Juga Kupas Tuntas Ganti ic eMMC Xiaomi Tanpa Senggol Cpu Full On

0 Comments

Post a Comment

In between our time repairing phones, we will always give our best to revise and update the post/tutorial whenever we find that there is a mistake in the writings, or a file is missing. So please kindly do let us know. Please read the disclaimer section first before you following the tutorial or downloading any file from us. We hope you understand our policy. Thank you.

COMMENT NO NAME/UNKNOWN NO RESPON !!!...